Senin, 07 Oktober 2013

RPP Membuat jaring-jaring kubus, balok, prisma, dan limas

By Unknown   Posted at  19.42   RPP/Silabus No comments

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah           : SMP Negeri 2 Rantau Panjang
Mata Pelajaran          : Matematika
Kelas                         : VIII
Semester                    : Genap

Standar Kompetensi
:
5.         Memahami sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas, dan bagian-bagiannya, serta menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar            
:
5.2.  Membuat jaring-jaring kubus, balok, prisma, dan limas
Indikator
:
Membuat jaring-jaring kubus dan balok.
Alokasi Waktu
:
2 x 40 Menit
                                                 
A.    Tujuan Pembelajaran 
Siswa dapat membuat jaring-jaring kubus dan balok (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Disiplin,  Demokratis.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Berorientasi tugas dan hasil, Percaya diri, Berani mengambil resiko, Keorisinilan

B.     Materi Pembelajaran
Jaring-jaring kubus dan balok

C.    Strategi pembelajaran
·         Model Pembelajaran    : Kooperatif tipe STAD
·         Metode pembelajaran  : Diskusi, tanya jawab dan pemberian tugas
D.    Langkah-langkah kegiatan
Pendahuluan (5 Menit)
·      Motivasi       : Memberitahukan tentang tujuan pembelajaran yang dilakukan           yaitu dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD.
·      Apersepsi      : Guru mengingatkan kembali tentang bangun datar (persegi                         dan persegi panjang)

Kegiatan Inti (60 Menit)
Langkah 1           :
Guru mengelompokkan siswa dalam kelompoknya. Setiap kelompok beranggotakan 4-5 orang ( Guru membagi setiap kelompok secara heterogen, dimana terdapat siswa yang berkemampuan tinggi, sedang, rendah. Pembagian kelompok dilakukan sebelum proses pembelajaran dimulai ).
Langkah 2           : 
-       Siswa diminta untuk duduk sesuai dengan kelompok masing-masing.
-       Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari.
Langkah 3           :
-       Siswa diberikan LKS secara berkelompok
-       Siswa mengerjakan LKS secara berkelompok dengan menggunakan petunjuk-petunjuk yang ada.
-       Dalam mengerjakan LKS siswa dibimbing oleh guru.
Langkah 4           :
-        Siswa mempresentasikan hasil masing-masing kelompok
-        Kelompok yang lain menanggapi
-       Guru sebagai moderator



Penutup (15 menit)
·      Dengan bimbingan guru siswa membuat rangkuman materi yang sudah dipelajari.
·      Guru memberikan informasi tentang pertemuan yang selanjutnya

E.     Alat dan sumber belajar
Alat          : Spidol, penghapus, LKS
Sumber     : - Buku Matematika untuk SMP kelas VIII, BSE
-  Buku Matematika Konsep dan Aplikasinya 2, BSE

F.     Penilaian
a.       Teknik                      : Tes Tertulis
b.      Bentuk Instrumen    : Uraian singkat
c.       Contoh Instrumen   :
Indikator
Instrumen
Skor
Membuat jaring-jaring kubus dan balok.
Sule memiliki kawat sepanjang 144 cm. Ia ingin menggunakan kawat tersebut untuk membuat kerangka kubus. Berapa panjang rusuk kubus agar kawat tidak tersisa?
100

d.      Rubrik Penskoran :
No.
Penyelesaian
Skor
1.
Diketahui : Panjang kawat 144 cm untuk membuat
                   kerangka kubus
Ditanya    : panjang rusuk kubus
Jawab    : Jumlah rusuk kubus = 12
 Panjang kawat = 114 cm
Agar kawat tidak tersisa maka  = 12
Jadi, panjang rusuk kubus agar kawat tidak tersisa adalah 12 cm.
20

20
10
20
25

5

Skor Total
100

Rantau Panjang,      April 2013
Guru Mata Pelajaran                                                    Peneliti,


Noviriyanti, S.Pd                                                        Henry Kurniawan
NIP.197711132010012007                                        NIM 06091408016

Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 2 Rantau Panjang



Zidninuri, S.Pd
NIP. 197108021998031005



About the Author

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.
View all posts by: BT9

0 komentar:

Back to top ↑
Connect with Us

© 2013 MANTEPMATIKA. WP Mythemeshop Converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.