RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
(RPP)
Nama
Sekolah :
SMP Negeri 2 Rantau Panjang
Mata
Pelajaran :
Matematika
Kelas : VIII
Semester : Genap
|
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menghitung luas permukaan kubus dan balok (nilai yang ditanamkan:
Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
2. Siswa dapat menemukan rumus luas permukaan kubus dan balok (nilai yang ditanamkan:
Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
Karakter siswa yang diharapkan
:
§ Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Disiplin, Demokratis.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§ Berorientasi tugas dan hasil, Percaya diri, Berani mengambil resiko,
Keorisinilan
B.
Materi Pembelajaran
·
Luas
permukaan kubus dan balok
C.
Strategi pembelajaran
·
Model
Pembelajaran : Kooperatif tipe STAD
·
Metode
pembelajaran : Diskusi, tanya
jawab dan pemberian tugas
D.
Langkah-langkah
kegiatan
Pendahuluan
(5 Menit)
Motivasi : - Guru menyampaikan model pembelajaran
yang akan digunakan.
-
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
Apersepsi : Guru mengingatkan kembali tentang
jaring-jaring kubus dan balok.
Kegiatan Inti (60 Menit)
Langkah 1 :
Guru mengelompokkan siswa dalam kelompoknya. Setiap
kelompok beranggotakan 4-5 orang ( Guru membagi setiap kelompok secara
heterogen, dimana terdapat siswa yang berkemampuan tinggi, sedang, rendah.
Pembagian kelompok dilakukan sebelum proses pembelajaran dimulai ).
Langkah 2 :
- Siswa diminta untuk duduk sesuai dengan kelompok
masing-masing.
- Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari.
Langkah 3 :
- Siswa diberikan LKS secara berkelompok
- Siswa mengerjakan LKS secara berkelompok dengan
menggunakan petunjuk-petunjuk yang ada.
- Dalam mengerjakan LKS siswa dibimbing oleh guru.
Langkah 4 :
-
Siswa
mempresentasikan hasil masing-masing kelompok.
-
Kelompok
yang lain menanggapi.
- Guru sebagai moderator.
Penutup (15 menit)
·
Dengan
bimbingan guru siswa membuat rangkuman materi yang sudah dipelajari.
·
Guru
memberikan informasi tentang pertemuan yang selanjutnya
E.
Alat dan sumber belajar
Alat : Spidol, penghapus, LKS
Sumber : - Buku Matematika untuk SMP kelas VIII, BSE
- Buku Matematika Konsep dan Aplikasinya 2, BSE
F.
Penilaian
a. Teknik :
Tes Tertulis
b. Bentuk
Instrumen : Uraian singkat
c. Contoh Instrumen :
Indikator
|
Instrumen
|
Skor
|
Menentukan luas permukaan kubus dan balok.
|
Sebuah
balok memiliki panjang 15 cm dan lebar 4 cm. Jika luas permukaan balok
tersebut adalah 500 cm2, berapakah tinggi balok tersebut?
|
100
|
d. Rubrik
Penskoran :
No.
|
Penyelesaian
|
Skor
|
1.
|
Diketahui :
Balok dengan panjang 15 cm, lebar 4 cm, dan luas 500 cm2
Ditanya : Tinggi balok tersebut
Jawab
:
Luas
permukaan balok =
2 (pl+lt +pt)
500
= 2 (15 ∙ 4 + 4 ∙ t +15 ∙ t)
500
= 2 (60 + 4 ∙ t + 15 ∙ t)
500
= 2 (60 + 19 ∙ t)
250
- 60 = 19 ∙ t
190
= 19 ∙ t
t
=
t
=
10
Jadi, tinggi balok tersebut adalah 10 cm
|
20
5
10
10
10
10
10
10
5
5
5
|
Skor Total
|
100
|
Rantau Panjang, April 2013
Guru Mata Pelajaran Peneliti,
Noviriyanti, S.Pd Henry Kurniawan
NIP.197711132010012007 NIM
06091408016
Mengetahui,
Kepala
SMP Negeri 2 Rantau Panjang
Zidninuri,
S.Pd
NIP.
197108021998031005
Cukup bagus dapat membantu yang sedang saya cari, tks
BalasHapus