Nama
Sekolah :
SMP Negeri 2 Rantau Panjang
Mata
Pelajaran :
Matematika
Kelas : VIII
Semester : Genap
|
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menentukan volume kubus dan balok (nilai yang ditanamkan:
Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
“ Karakter siswa yang diharapkan
:
§
Rasa ingin tahu, Mandiri,
Kreatif, Kerja keras, Disiplin,
Demokratis.
“ Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§
Berorientasi tugas dan
hasil, Percaya diri, Berani mengambil resiko, Keorisinilan
B.
Materi Pembelajaran
Volume
kubus dan balok
C.
Strategi pembelajaran
·
Model
Pembelajaran : Kooperatif tipe STAD
·
Metode
pembelajaran : Diskusi, tanya
jawab dan pemberian tugas
D.
Langkah-langkah
kegiatan
Pendahuluan
(5 Menit)
Motivasi : - Guru menyampaikan model pembelajaran
yang akan digunakan.
-
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
Apersepsi : Guru mengingatkan kembali luas permukaan
kubus dan balok.
Kegiatan Inti (60 Menit)
Langkah 1 :
Guru mengelompokkan siswa dalam kelompoknya. Setiap
kelompok beranggotakan 4-5 orang ( Guru membagi setiap kelompok secara
heterogen, dimana terdapat siswa yang berkemampuan tinggi, sedang, rendah.
Pembagian kelompok dilakukan sebelum proses pembelajaran dimulai ).
Langkah 2 :
- Siswa diminta untuk duduk sesuai dengan kelompok
masing-masing.
- Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari.
Langkah 3 :
- Siswa diberikan LKS secara berkelompok
- Siswa mengerjakan LKS secara berkelompok dengan
menggunakan petunjuk-petunjuk yang ada.
- Dalam mengerjakan LKS siswa dibimbing oleh guru.
Langkah 4 :
-
Siswa
mempresentasikan hasil masing-masing kelompok.
-
Kelompok
yang lain menanggapi.
-
Guru
sebagai moderator.
Penutup (15 menit)
·
Dengan
bimbingan guru siswa membuat rangkuman materi yang sudah dipelajari.
·
Guru
memberikan informasi tentang pertemuan yang selanjutnya.
E.
Alat dan sumber belajar
Alat :
Spidol,
penghapus, LKS
Sumber : - Buku Matematika untuk SMP kelas VIII,
BSE
- Buku Matematika Konsep dan Aplikasinya 2, BSE
F.
Penilaian
a. Teknik :
Tes Tertulis
b. Bentuk
Instrumen : Uraian singkat
c. Contoh Instrumen :
Indikator
|
Instrumen
|
Skor
|
Menentukan volume kubus dan balok.
|
Sebuah
kubus memiliki panjang rusuk 2 m. Kubus tersebut tersusun dari kubus-kubus kecil
dengan panjang rusuk 20 cm. Tentukan:
a. Volume
kubus besar dan kubus kecil tersebut !
b. Berapa
banyak kubus kecil yang dibutuhkan hingga tersusun kubus besar !
|
100
|
d. Rubrik
Penskoran :
No.
|
Penyelesaian
|
Skor
|
1.
|
Diketahui : 2
buah kubus (besar dan kecil) dengan rusuk
2 m (200cm) dan 20 cm
Ditanya :
a. Volume
kedua kubus tersebut
b. Berapa
banyak kubus kecil yang dibutuhkan hingga tersusun kubus besar
Jawab
:
a. Volume
kubus besar = s x s x s
=
200 x 200 x 200
=
8.000.000 cm3
Volume kubus kecil = s x s x s
= 20 x 20 x 20
= 8.000 cm3
b. Banyaknya
kubus kecil yang dibutuhkan untuk membentuk kubus besar :
![]() ![]()
Jadi, kubus kecil yang dibutuhkan untuk membentuk
kubus besar adalah 1000 buah
|
10
5
5
10
10
10
10
10
10
15
5
|
Skor Total
|
100
|
Rantau Panjang, April 2013
Guru Mata Pelajaran Peneliti,
Noviriyanti, S.Pd Henry Kurniawan
NIP.197711132010012007 NIM
06091408016
Mengetahui,
Kepala
SMP Negeri 2 Rantau Panjang
Zidninuri,
S.Pd
NIP.
197108021998031005
0 komentar: